loading...

Gejala Awal Kanker Bisa Muncul dari Kulit Anda, Ini Pertandanya



Tanda-tanda awal kanker bisa begitu halus datangnya. Dan, hal inilah yang kerap membuat banyak orang mengabaikan beberapa titik nyeri di tubuh. Seperti dilansir healthyfoodteam.com, menurut sebuah penelitian di Inggris, yang diterbitkanPlosOne, masalah kesehatan kecil kadang dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius. Meskipun gejala ini tidak selamanya merujuk pada kanker, beberapa tanda-tanda ini patut Anda waspadai.



Benjolan
Perubahan dalam sistem limfatik dan tanda awal kanker secara normal bisa dilihat dari benjolan atau kelenjar getah bening yang semakin membesar. Perlu diingat, setiap benjolan pada tubuh Anda tidak bisa dianggap remeh, dibutuhkan perhatian medis segera mungkin.

Memar dan perdarahan
Fungsi abnormal dari sel-sel darah merah dan trombosit biasanya menjadi tanda leukemia. Bahkan, kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen bisa terganggu akibat sel-sel leukemia yang mengambil alih dan dapat berujung pada pembekuan darah dalam tubuh.

Perubahan kuku
Setiap perubahan yang tidak biasa pada kuku tidak selamanya disebabkan karena trauma fisik, melainkan bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker. Kanker kulit biasanya akan memberikan perbuahan pada kuku menjadi warna coklat atau hitam di bawah kuku.

Sementara kanker paru-paru ditandai dengan pembesaran ujung jari yang menipis di bagian bawah. Dan terakhir, kanker hati kadang-kadang dapat ditunjukkan melalui perubahan warna kuku yang memucat atau putih.

Payudara merah, sakit, atau bengkak
Kanker payudara biasanya ditandai dengan perubahan warna kemerahan, menimbulkan rasa sakit, dan bengkak. Setiap perubahan dalam penampilan payudara mengharuskan Anda untuk melakukan pemeriksaan medis segera.

Pembengkakan wajah
Pembengkakan wajah juga dapat menjadi indikator kanker paru-paru. Hal ini disebabkan bahwa sel kecil pada tumor paru biasanya memblokir pembuluh darah di dada, sehingga mencegah aliran darah dari kepala dan wajah.

Sakit tak kunjung sembuh dan mudah berdarah
Berbagai jenis kanker kulit seperti melanoma atau kanker mulut biasanya ditandai dengan perubahan yang tidak biasa pada kulit Anda. Bisa saja kulit pada tubuh Anda mudah luka dan sulit disembuhkan saat mengalami pendarahan.

Sumber : feed.id

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x