loading...

Inilah Hikmah Memelihara Kucing di Rumah, Jangan Disakiti Perlakukan dengan Baik


Sungguh sangat kasihan sekali ketika melihat seekor kucing yang dipukul atau disiksa oleh orang yang membencinya. Tak habis pikir kenapa sebegitunya perlakuan manusia terhadap hewan yang satu ini, mereka seolah tak punya rasa peduli bahkan jijik jika ada kucing yang masuk rumahnya, apalagi mencuri makanan sang tuan rumah, pukulan dan tendangan pun melayang menghantam tubuh hewan yang butuh makan ini. Namanya hewan wajarlah melakukan itu (mencuri), justru kitalah yang seharusnya paham dengan tidak sembarang menyimpan makan.


Mungkin banyak hal yang menjadi pertimbangan banyak orang kenapa mereka membenci kucing, dengan alasan adanya dampak buruk bagi pemeliharanya terutama bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah bahwa Segala sesuatu yang Allah ciptakan di muka bumi ini pasti ada manfaatnya. Begitu pula sama halnya dengan kucing, walaupun memiliki sisi negatif kita juga bisa mengambil hikmah dan manfaat dari hewan tersebut.


Seperti Dalil Al-Qur'an surat Shad ; 27 :

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah"
Nabi SAW sendiri sangat peduli terhadap kucing dan memeliharanya. Nabi Saw memiliki seekor kucing yang bernama Mueeza. Suatu saat Nabi Saw hendak mengambil jubah, tetapi ketika melihat sang kucing sedang tidur diatas jubahnya ia tak ingin mengganggu kucingnya yang sedang terlelap, tahukah apa yang dilakukannya? Subhanallah Beliau lebih memilih memotong belahan lengan jubah ketimbang membangunkan kucing kesayangannya. Dan tatkala Nabi Saw pulang kerumahnya kucing tersebut terbangun dan merunduk bersujud di depan tuannya. Sebagai balasan kasih sayang Nabi Saw mengelus kucing itu sebanyak tiga kali. Pada kesempatan lain setiap menerima tamu dirumahnya, Beliau selalu menggendong kucing kesayangannya itu dan menaruhnya di paha. Salah satu yang Nabi Saw sukai dari kucingnya adalah setiap adzan berkumandang ia selalu mengeong seolah-olah mengikuti lantunan adzan.


Nabi Saw memberi peringatan keras bagi siapa saja yang menyakiti kucing. Seperti hadits dari Ibnu Ummar ra bahwa Rasulullah Saw bersabda :

"Seorang manusia dimasukkan kedalam neraka karena kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada dilantai". HR Bukhari
Diantaran hikmah yang terkandung dari memelihara kucing dirumah antara lain adalah :
Mengajarkan kasih sayang 
Islam mengajarkan kita untuk saling menyayangi sesama makhluk Allah. Arti menyayangi disini ruang lingkupnya luas baik itu kepada manusia maupun terhadap binatang. Dengan menyayangi (memelihara) kucing secara tidak langsung kita bisa mengambil pelajaran bahwa sesama makhluk tuhan harus saling menyayangi bahkan terhadap binatang sekalipun.
Mendisiplinkan diri dan bersifat tanggung jawab
Dengan memelihara kucing, seperti memberi makan, memandikannya, membersihkan kandangnya (kucing angora), kita bisa belajar disiplin dan bertanggung jawab dalam keseharian. Realisasinya akan nampak pada kegiatan kita yang lain yang wajib dilakukan sehari-hari.
Fakta Keistimewaan dari bagian tubuhnya
Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi menolak telur bakteri. Dan pada permukaan lidahnya tertutupi oleh benjolan kecil nan runcing, bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji yang berguna untuk membersihkan kulit dan membuang bulu-bulu mati yang ada dibadannya. Kemudian coba perhatikan ketika kucing minum tak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.
Menjaga kesehatan fisik
Bunyi dengkuran yang ada dalam kucing dapat membantu memulihkan cidera pada tulang dan otot. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang sedang sakit kemudian berdampingan dengan kucing akan lebih awal keluar dari rumah sakit, ini karena aktifitas yang dilakukan dengan berdekatan dengan kucing dapat merendahkan rembesan kimia bernama Cortisol di dalam tubuh, sedangkan kadar Cortisol yang tinggi akan meningkatkan resiko kolesterol dan darah tinggi.
Terapi mental dan emosi yang baik
Memelihara hewan kesayangan merupakan terapi emosi yanng sangat baik, terlebih lagi memelihara kucing. Selain ia teman yang setia kita tidak akan merasa sunyi atau kesepian ketika bermain dengannya.

Ada sebuah kajian bahwa mereka yang berada dalam keadaan murung mampu pulih apabila berinteraksi dengan kucing. Tak hanya itu mereka yang membelai kucing dapat membantu mengurangi tekanan saraf pada otak sehingga menjadi rileks.Jadi luangkanlah waktu sekitar 15-30 menit untuk berinteraksi dengan kucing, maka anda telah berhasil mengurangi tekanan saraf dan memperbaiki mood.
Mendapatkan Pahala
Setiap kebaikan yang kita lakukan didunia ini akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT baik itu pahala maupun dosa. Tidak ada sesuatu yang diciptakan Allah di dunia ini dengan tanpa tujuan. Kucing juga merupakan makhluk Allah yang patut diperlakukan dengan baik. Kehadiran kucing bukan hanya sebagai peliharaan tetapi juga sebagai wadah bagi kita untuk menuai ganjaran pahala dari Allah untuk kita.


Hadits dari abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw Bersabda :

"Tatkala seorang lelaki sedang berjalan pada sebuah jalan terasalah olehnya dahaga yang sangat. Lalu ia mendapati sebuah sumur dan bersegeralah ia meneruninya untuk minum. Ketika keluar tiba-tiba ia melihat anjing menjulurkan lidah sambil menjilat-jilati debu karena sangat haus. Lelaki itu berkata : anjing ini kehausan seperti aku tadi. Lalu turunlah dia kembali kedalam sumur untuk memenuhi sepatu kulitnya dengan air lalu digigit agar dapat naik kembali. Kemudian ia meminumkan air itu kepada anjing tersebut. Allah berterima kasih kepadanya lalu mengampuninya. Para sahabat bertanya : wahai Rasulullah, apakah kami akan mendapatkan pahala karena binatang-binatang seperti itu? Rasulullah Saw menjawab : Pada setiap yang bernyawa (makhluk hidup) ada pahalanya" HR Muslim
Membangun Sifat Peduli Terhadap Sesama
Memelihara kucing dapat mengajarkan kita untuk peduli terhadap sesama. Dengan memberi makan kucing secara tidak langsung kita masih peduli terhadap keberlangsungan hidup orang lain, karena di dalam harta benda yang kita punya terdapat hak orang yang tidak mampu (kaum dhuafa). 
Tambah Rezeki
Mesti kita ingat bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan akan dibalas oleh Allah SWT dengan kebaikan pula. Sedekah 1 kali akan Allah balas 10 kali lipat, jadi jangan takut ketika kita memberi makan kucing secara teratur atau bahkan waktunya tak menentu (sering) kita akan diberikan kelancaran rezeki. Niatkan apa-apa yang kita berikan terhadap kucing sebagai ladang sedekah kita.


Ada sebuah hadits yang mengatakan :

"Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung , manusia, atau binatang maka baginya sebagai sedekah" HR Muslim
Sunnah Rasulullah dan sahabat
Ingat kisah Rasulullah Saw yang mempunyai hewan peliharaan kucing yang bernama Mueeza yang tadi sudah diceritakan diatas, kenapa pula kita tidak mengikutinya. Maka hal aneh kalau manusia zaman sekarang dengan tega memperlakukan kucing dengan buruk, Rasulullah Saw saja sebagai Nabi dan rasulnya Allah sangat sayang terhadap hewan yang satu ini terus kenapa kita malah membencinya. Ada salah satu sahabat Rasulullah Saw yang bernama Abu Hurairah, gelar itu diberikan kepadanya hanya karena dia suka merawat dan memelihara kucing, subhanallah.



Demikianlah diantara hikmah-hikmah yang bisa kita lihat dan kita ambil, supaya bisa dijadikan alasan bahwasanya memelihara kucing adalah bukan perkara yang sia-sia akan tetapi banyak memberikan pelajaran bagi kita, sebagai ladang sedekah, ditambahkannya rezeki serta sunnahnya Nabi dan sahabat.

Sumber : warungkopi.okezone.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x