loading...

Ladies! Sempurnakanlah Niat Berhijab, Jangan Cuma untuk Fashion Saja! 5 Alasan Hijab Tidak Hanya untuk Fashion



Bantulah ShareBegitu banyak gaya hijab yang beredar di Indonesia khususnya. Bahkan sekarang juga banyak tutorial yang bisa dilihat di video streaming seperti youtube tentang pemakaian hijab. Namun, apakah kamu tahu apa sebenarnya arti hijab itu sendiri?. Karena ketika melihat pada kondisi saat sekarang itu hijab lebih cenderung terpeleset dari makna atau pun arti sesungguhnya.

Hijab di Indonesia lebih cenderung pada pemakaian jilbab, kemudian dipasang dengan mengikuti tutorial yang ada. Sampai pada moment pernikahan yang kata mereka “Hijab” justru melenceng dari makna sesungguhnya.

Hijab sendiri memiliki arti penghalang,menutupi. Kalau kita ambil contoh logika sederhana, apa beda membungkus dengan menutupi?.

1. Hijab itu harus menutupi, bukan membungkus.



Pernah melihat ketupat?, bungkusan ketupat akan membentuk dari bentuk ketupat tadi. Sementara kalau menutupi tidak akan mengikuti bentuk dari benda tersebut. Hijab itu menutupi, jadi pada dasarnya dia tidak akan mengikuti bentuk dari lekuk tubuh wanita. Sederhana saja, kenapa sebagian perempuan di Indonesia kalau Shalat pakai mukena?. Karena mereka sadar bahwa pakaian mereka tidak lah memenuhi rukun untuk mengerjakan shalat. Jika kamu memakai Hijab yang sesungguhnya alias Hijab syar’i maka tanpa mukena pun selama pakaian mu bersih maka tidak masalah dibawa untuk shalat. Bahwa sesungguhnya pakaian wanita yang terbaik itu memang seperti mukena yang digunakan untuk shalat.


2. Hijab itu adalah kewajiban, jangan suka menunggu karena ajal tidak akan pernah mau menunggu.



Kisah nyata yang pernah saya alami ketika bertanya pada teman gue yang cewek, 
“kamu kenapa gak pakai hijab sih…?”
“Aku nanti aja ketika udah nikah, saat ini aku mau hijabin hati dulu” itu lah jawaban yang dia berikan.
Lalu aku balek nanya “Gimana tutorial hijabin hati itu ???, aku mau tahu doonk”
Dia cuma diam dan pergi begitu saja. Fisik saja tidak mampu untuk di tutup apa lagi hati. Rumah berpintu saja masih bisa di bobol maling apa lagi yang tidak. Jangan pernah menunggu, karena kewajiban berhijab itu seperti wajibnya shalat, puasa.


3. Berhijab itu menutupi, bukan dibuat untuk fashion agar kamu terlihat lebih cantik.



Dulu cuma pakaian yang ada acara-acara fahsion weeknya. Sekarang hijab pun ada, dengan segala bentuk dan cara pemakaian yang kadang memakan waktu lebih dari satu jam. Berhijab itu tidak butuh tutorial, butuh niat yang lurus agar nantinya kamu terbawa pada yang baik-baik pula. Pernah dengar tentang ucapan orang kayak gini
“Tuuu kaaan, apa aku bilang,, berhijab, tapi masih aja ketangkap mesum di semak belukar”.
Karena niat tadi tidaklah lurus sehingga tidak membawa pada keberkahan. Bagian atas ditutupi bagian bawahnya dibiarkan terbuka dan terbungkus begitu saja, kemudian dengan mudahnya menyalahkan hijab.


4. Sekalipun kamu memakai Hijab syar’i yang memang menutupi, jika niatmu tetap untuk bergaya-gaya maka sama saja dengan bohong.



“Laah, kan aku sudah memakainya yang syar’i, kamu kan bilang wajib memakai yang syar’i”..
“Iyaa benar, kamu memang sudah menjalankan perintah agama, ibarat shalat yang cuma untuk gaya-gayaan agar dibilang alim sama orang apakah shalat itu akan di terima oleh Allah SWT?, begitu juga dengan berhijab”
Berhijab yang sesungguhnya itu memiliki kewajiban yang sama seperti shalat atau pun puasa bagi perempuan. Tapi bukan dengan niat untuk gaya-gayaan agar terlihat alim, atau agar terlihat lebih anggun atau agar terlihat lebih cantik.


5. Sempurnakan niat berhijabmu, agar kamu bisa selalu berada di jalan yang lurus dan tetap istiqamah.


Perempuan itu adalah makhluk terindah yang perlu untuk dijaga dengan baik, itulah tujuan dari hijab tadi. Menutupi agar bisa terlindungi. Pakaian itu membuktikan sebagai majunya peradaban manusia dalam berfikir. Jika kita flash back kenapa orang-orang yang ada di hutan sana atau pun mereka yang hidup di masa purba, mareka masih belum mengerti tentang pakaian karena belum tahu akan makna dan manfaat sesungguhnya.

Semoga dengan sedikit ulasan diatas bisa membuka hati dan fikiran tentang makna sesungguhnya dari hajab itu sendiri. Karena sudah banyak dari kita yang menyalah gunakan hijab hanya untuk bergaya-gayaan, terkadang ada orang yang atasnya hijab tapi bawahnya seperti gak pakai baju. Semoga kita selalu dijaga aleh Allah dari hal-hal tidak baik bagi diri kita semua.



sumber : wajibbaca.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x