loading...

Ternyata Hanya Dengan Pasta Gigi Kamu Bisa Tes Kehamilan



Bantulah ShareKini bagi anda yang ingin mengetahui kehamilan tidak hanya dengan menggunakan test pack akan tetapi masih banyak cara yang dilakukan seperti beberapa cara dibawah ini.

Kehamilan merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh wanita terlebih bagi pasangan suami istri pengantin muda. Banyak cara yang dilakukan untuk mengetahui kehamilan, salah satu diantaranya yang paling umum dilakukan oleh masyarakat yaitu menggunakan alat test kehamilan atau testpack. Sedangkan bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat yaitu dengan menggunakan pemeriksaan kehamilan pada dokter kandungan melalui USG.

Bagi anda yang mendambakan hasil positif setidaknya pernah mencoba menggunakan testpack meskipun beberapa kali anda mendapatkan hasil yang negatif. Anda perlu bersabar untuk tetap melakukan test kehamilan dan perhatikan cara menggunakannya sehingga teknik dalam melakukan test kehamilan yang baik dan benar.

Sebenarnya cara mengetahui kehamilan dapat dilakukan dengan beragam cara tanpa menggunakan testpack. Cara ini dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan alat yang sederhana di rumah. Bagi anda yang ingin mencobanya, berikut adalah cara mengetahui kehamilan tanpa menggunakaan test pack.

Cara Mengetahui Kehamilan
Test Urine

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui test kehamilan yaitu dengan menggunakan test air seni. Test kehamilan dengan cara ini dapat dilakukan di rumah. Selain mudah dan sederhana tanpa menggunakan bantuan ahli medis dan dapat dilakukan sendiri.

Air seni digunakan sebagai alat ukur untuk mengetahui kadar Human Chorionic Gonadotropin yaitu kadar HCG yang dihasilkan melalui embrio pada saat terjadi kehamilan dan meningkat melalui urine.

Hormon HCG ini dilepaskan ke dalam darah ibu yang mengalir mengitari ovum kemudian menuju indung telur yang mengakibatkan terjadinya peningkatan progesteron yang berfungsi menahan haid pada periode berikutnya.

Cara yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan urin ke dalam botol dan membiarkan tidak tersentuh kurang lebih selama 3-4 jam kemudian apabila ditemukan busa putih mengumpul pada permukaan air seni maka kemungkinan ibu hamil.

Selain itu dapat juga menggunakan test slide. Test ini harus menggunakan slide kaca yang dicampurkan dengan antiserum ungtuk mengetahui kahamilan. Caranya urine ditambahkan dengan latex suspension. Apabila ditemukan adanya urine di dalam HCG maka hormon akan dinetralkan oleh antiserum.Sedangkan bila tidak ditemukan HCG maka antiserum akan bereaksi dengan latex sehingga membentuk menyerupai biji-bijian.

Disarankan untuk mengambil urine pada pagi hari yang mengandung konsentrasi HCG yang lebih tingi dibandingkan dengan yang lainnya. Kemudian anda juga tidak minum atau buang airk kecil sebelum mengambil urine karena akan mencari encer dan sulit untuk dideteksi. Letakan pada tempat yang bersih , hindari dari noda sabun atau detergen.
Tanda Kehamilan

Untuk mengetahui kehamilan selanjutnya yaitu dengan mengetahui tanda kehamilan yang umum terjadi pada ibu hamil. Tanda yang paling umum terjadi pada wanita hamil yaitu bercak darah yang menyerupai darah haid akan tetapi dalam jumlah sedikit dan terjadi karena implantasi.

Implantasi bleeding dikarenakan adanya implantasi calon janin ke dinding r4h1m, lebih sedikit dibandingkan darah haid dan berlangsung beberapa hari saja.Bahkan disertai dengan rasa sakit/kram yang terjadi akibat implantasi janin.Selanjutnya ditandai dengan perubahan pada buah dada yang semakin membesar dan rasa yang tidak nyaman seperti pramenstruasi syndrome.

Pastinya tanda yang paling mudah untuk diketahui yaitu telat haid. Kondisi ini sangat mudah diketahui oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Pertanda kehamilan selanjutnya adalah mual dan muntah atau yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness.Bahkan wanita yang sedang hamil akan mengalami kelelahan yang lebih sering ketika melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan ketika ibu hamil melakukan aktivitas kecil.
Uji Pasta Gigi dan Pemutih

Cara mengetahui kehamilan selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Ambil beberapa tetes urin pertama di pagi hari kemudian tambahkan ke dalam pasta gigi, tunggu beberapa lama. Apabila mengalami perubahan ditandai dengan biru atau berbusa , kemungkinan ini merupakan tanda kehamilan yang terjadi.

Sedangkan menggukan uji pemutih yaitu dengan bubuk pemutih yang ditambahkan pada urine pertama, campurkan bubuk pemutih dengan urine tersebut, apabila berbusa dan bersoda kemungkinan anda mengalami kehamilan.
Menggunakan Uji Sabun atau Uji Gula

Masih menggunakan media urine yang diambil pada pagi hari. Kumpulkan urine ke dalam botol dan tambahkan sabun ke dalamnya.Diamkan selama 10 menit, apabila ditemukan campuran yang menghasilkan gelembung ke dalam urine yang telah bercampur  merupakan tanda bahwa anda sedang hamil.

Selain menggunakan sabun dapat pula menggunakan gula. Cara mengetahuinya anda dapat mengumpulkan urine pertama ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 sendok gula ke dalamnya.Apabila ditemukan rumpun dan tidak melarutkan dapat menjadi pertanda bahwa anda sedang hamil.

Itulah cara melakukan test kehamilan yang dapat anda coba di rumah. Meskipun cara diatas dapat dilakukan untuk mengetahui kehamilan akan tetapi untuk mengetahui secara akurat dan pasti anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter. Beberapa cara mengetahui kehamilan dengan menggunakan bantuan tenaga medis adalah dengan cara-cara dibawah ini.
Test Darah

Test darah yang bisa dilakukan adalah dengan test darah kualitatif dan kuantitatif. Test darah untuk mendeteksi HCG lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan test urin. Test darah dapat dilakukan enam hari hingga delapan haris setelah ovulasi .

Sedangkan test darah kuantitatif atau disebut juga dengan test beta HCG yang menunjukan kadar HCG di dalam darah yang dapat mengetahui ada tidaknya HCG di dalam darah.
Ultrasound Scans

Selanjutnya dengan menggunakan pemindaian ultrasound yaitu penggunaan gelombang suara frekuensi ke dalam rongga perut yang menampilkan citra janin di dalam monitor. Pemeriksaan ini sangat akurat karena dapat mengetahui janin langsung serta mengetahui kondisi kesehatan selama didalam kandungan .

Test ini berlangsung kurang lebih selama 6 minggu ketika embrio berumur 7 minggu kemudian dilakukan antara 12-14 pada masa hamil. Test dalam menentukan usia janin ,tumbuh kembang janin dan posisi yang tepat dari janin di dalam plasenta, mendeteksi ketidaknormalan dan mengandung lebih dari satu janin dapat dilakukan dengan cara ini.
Dengan demikian cara mengetahui kehamilan dibagi menjadi dua cara yaitu cara yang dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan urine ,  baik dengan menggunakan test pack atau urine yang dicampur dengan berbagai zat untuk mengetahui kehamilan positif. Hanya saja ketika menggunakan test kesehatan tersebut belum tentu dapat mengetahui kehamilan secara pasti/akurat. Sedangkan untuk mengetahui test kehamilan yang lebih akurat adalah dengan menggunakan pemeriksaan ke dokter.

Pemeriksaan ke dokter dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan menggunakan test darah atau dengan menggunakan ultrasound scans. Anda juga dapat mengetahui perkembangan janin, usia janin di dalam kandungan  dan berkonsultasi dalam menjaga kehamilan anda melalui pemeriksaan dokter kandungan atau bidan .



Sumber : Bidanku

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x