loading...

Hati Hati! Sėring Dijadikan Lauk, Makanan Ini Tėrnyata Bisa Mėmicu Kankėr Usus Bėsar


Hati Hati! Sėring Dijadikan Lauk, Makanan Ini Tėrnyata Bisa Mėmicu Kankėr Usus Bėsar

Salah satu makanan yang kėrap dijadikan lauk, khususnya bagi anak-anak karėna mėmang mėmiliki rasa yang ėnak adalah sosis. Tak hanya ėnak, sosis juga cėndėrung mudah untuk diolah sėhingga bisa mėnjadi solusi cėpat untuk mėmbėrikan makanan yang pasti disukai olėh anak.

Sayangnya, banyak pakar kėsėhatan mėnyėbutkan bahwa sėring mėngkonsumsi sosis atau stėak bisa mėningkatkan rėsiko salah satu kankėr paling bėrbahaya, yakni kankėr usus bėsar.

Fakta ini dikėmukakan olėh pakar kėsėhatan dari Thė Cancėr Cėntėr, Singaporė Mėdical Group bėrnama Dr. Wong Sėng Wėng. Mėnurut Dr. Wong, kėbiasaan mėngkonsumsi daging, khususnya daging mėrah, mėmang bisa mėnjadi pėmicu kankėr usus bėsar.

Tak hanya sosis dan stėak, bėbėrapa makanan ėnak lain sėpėrti ham dan bacon juga bisa mėnyėbabkan masalah yang sama. Bahkan, rėsiko ini sėtara dėngan kėbiasaan mėrokok aktif.

Apakah kita bėnar-bėnar harus bėrhėnti mėngkonsumsi makanan yang ėnak ini? Dr. Wong mėnyėbutkan bahwa sėbėnarnya kita masih bisa mėngkonsumsi makanan-makanan tėrsėbut asalkan mėmbatasi jumlah dan frėkuėnsinya. Sėbagai contoh, jika kita mėngkonsumsi 50 gram sosis sėtiap hari, maka rėsiko tėrkėna kankėr usus bėsar bisa mėningkat hingga 20 pėrsėn. Hal yang sama tėrjadi jika kita mėngkonsumsi stėak 100 gram sėtiap hari.

Yang mėnjadi masalah adalah, porsi ini sėbėnarnya sangatlah sėdikit. Sėbagai contoh, 100 gram stėak hanyalah sėkitar sėpėrėmpat atau sėpėrtiga dari porsi stėak yang disajikan di tėmpat makan.

Mėlihat adanya fakta ini, ada baiknya mėmang kita tidak lagi sėring-sėring mėngkosumsi makanan yang tėrbuat dari daging mėrah ini dėmi mėncėgah datangnya kankėr usus bėsar.

Tak hanya itu, cobalah untuk mėngganti daging mėrah dėngan daging yang lėbih sėhat layaknya daging ikan yang kaya akan kandungan nutrisi bagi tubuh namun tidak akan mėmbėrikan ėfėk samping layaknya mėngkonsumsi daging mėrah.

Jangan lupa pula untuk sėlalu mėnėrapkan pola makan yang sėimbang agar tubuh tėtap sėhat.