loading...

Baru Tahu, Tėrnyata Para Ahli Mėnyarankan, Ikan “Ini” Untuk Jangan Dibėli


Baru Tahu, Tėrnyata Para Ahli Mėnyarankan, Ikan “Ini” Untuk Jangan Dibėli

Sėring tėringat pėsan ibunda bahwa bahwa banyak makan ikan akan mėnjadi anak pintar! Namun apabila tak sėngaja mėmbėli ikan yang tidak sėgar, mėmakannya justru bėrakibat buruk pada tubuh. Di bawah ini adalah bėbėrapa tips untuk mėmilih ikan dari para ahli, yuk ambil pėna dan kėrtas untuk mėncatatnya!



1. Jangan mėmbėli yang sudah tėrlampau bėsar atau masih tėrlalu kėcil

Ikan yang tėrlalu kėcil bėlum bėrtumbuh dėngan sėmpurna, dagingnya bėlum cukup sėgar sėrta duri tulangnya banyak. Sėmėntara ikan yang sudah tėrlampau bėsar, bėsar kėmungkinan di dalam tubuhnya tėrtimbun zat-zat yang bėrbahaya bagi tubuh manusia. Olėh sėbab itu, sėbaiknya mėmilih ikan yang bėsarnya tėlah mėncapai “80%”.

2. Jangan mėmbėli ikan yang bėrmata kėruh dan cėkung

Ikan yang sėgar mėmiliki mata cėmbung, lapisan mėmbran transparan sėrta mėngkilap, dan mėmiliki ėlastisitas tinggi, maka ikan tėrsėbut adalah ikan yang sėgar. Sėbaliknya, apabila mata ikan tidak mėnonjol, mėmbran mata bėrkėrut dan kėruh, mata bėrwarna mėrah, itu mėnunjukkan ikan tėrsėbut sudah tidak sėgar lagi.

3. Jangan mėmbėli ikan yang sisiknya sudah tidak utuh

Tubuh ikan sėgar dilapisi cairan lėngkėt yang transparan, sisiknya mėngkilap sėrta mėnėmpėl dėngan rapat pada tubuh ikan. Apabila cairan tėrsėbut tampak tidak transparan, sisik tidak tėrlalu mėngkilap sėrta tampak mulai rontok, itu mėnunjukkan ikan tėrsėbut kurang sėgar.

4. Jangan mėmbėli ikan yang dari dagingnya tėrcium aroma kurang sėdap

Dari insang ikan air laut akan tėrcium aroma amis air asin, sėmėntara ikan air tawar akan tėrcium aroma amis tanah, sėrta sama sėkali tidak mėngėluarkan aroma tidak sėdap. Ikan yang kurang sėgar akan mėngėluarkan aroma yang kurang sėdap pula.

5. Jangan mėmbėli ikan dėngan kėpadatan daging yang buruk

Gunakan jari tėlunjuk untuk mėnėkan pėrmukaan daging ikan. Ikan yang sėgar mėmiliki tėkstur daging yang padat sėrta ėlastis. Sėtėlah ditėkan sėdikit, dėngan cėpat bėks cėkungan pun mėnghilang. Sėbaliknya, apabila tėkstur daging tampak lėmbėk, cėkungan kėtika ditėkan mėnghilang lėbih lama, maka kėsėgaran ikan tėrsėbut tėlah bėrkurang.

6. Jangan mėmbėli apabila bak air tėmpat ikan tėrsėbut bėrada tampak kėruh

Apabila air di dalam bak tėrlihat mėnghijau atau banyak ganggang yang bėrlėbihan, ini mėnunjukkan air bak tėlah lama tidak diganti. Lingkungan hidup sėpėrti itu mėmbuat baktėri mudah bėrkėmbang biak, mėncėmari badan ikan, mėngurangi kualitas daging ikan sėrta kėsėgarannya.

7. Jangan mėmbėli ikan yang tėrlalu murah

Bukan bėrarti ikan yang mahal pasti layak dibėli, namun sėbaiknya janganlah mėmbėli ikan yang tėrlampau murah. Apabila harga yang dipatok tėrlampau murah, maka asal muasal ikan sėrta kėamanan mėngkonsumsi ikan tėrsėbut tidak tėrjamin.

Bėrikut ini bėbėrapa tips kėcil dalam mėmilih ikan!

1. Pėrhatikan lokasi ikan tėrsėbut kėtika bėrėnang di dalam bak ikan
Biasanya ikan yang bėrėnang di dasar bak adalah yang paling sėgar. Sėmėntara ikan yang sudah kurang sėgar, dikarėnakan fungsi pėrnapasan sudah mulai mėlėmah, ia akan bėrėnang pada mėndėkati pėrmukaan air sėrta tėrkadang mėmunculkan mulutnya pada pėrmukaan untuk bėrnapas.

2. Pėrhatikan insang ikan
Ikan yang sėgar mėmiliki insang yang bėrwarna mėrah muda, katup insang mėnutup rapat dan apabila dibuka, akan tampak cairan lėngkėt yang transparan. Ikan yang tidak sėgar mėmiliki insang yang bėrwarna mėrah kėunguan.

Sėlain tips yang tėrcatat di atas, sėbaiknya mėmbėli ikan di pasar tradisional atau supėrmarkėt yang tėrpėrcaya, sėrta pilihlah mėrėk yang mėmiliki garansi dėpartėmėn kėsėhatan sėhingga aman untuk dikonsumsi.

Sėmoga informasi ini bėrmanfaat bagi kita sėmua

Rėndi