loading...

Anda Pelanggan Telkomsel? Waspada Penipuan Seperti Ini, Pelaku Sangat Profesional!!

Anda Pelanggan Telkomsel? Waspada Penipuan Seperti Ini, Pelaku Sangat Profesional!!

WawasanViral - Sahabat FB.. siang tadi tepatnya sekitar pukul 14.30 WIB hari sabtu (16 Juli 2016) saya mengalami percobaan penipuan.. untuk diketahui, saya orangnya cukup waspada terhadap modus penipuan.. tapi modus ini perlu saya "share" ke teman-teman FB untuk di infokan ke semua orang.. agar kita semua lebih waspada...


Pukul 14.30 WIB hari sabtu (16 Juli 2016) saya menerima telepon dari no 081291154425, sang penelpon adalah seorang pria, dengan gaya yg sangat meyakinkan... yang bersangkutan menyatakan saya mendapatkan hadiah dari telkomsel berupa uang tunai sebesar Rp. 5.000.000.. (dari sini saya udah mulai yakin ini adalah modus utk menipu)..


Sang penelpon menyatakan "sebagai pemenang saya tidak perlu membayar pajak atas hadiah tersebut (sampai disini saya cukup merasa aneh).. katanya yang perlu saya lakukan adalah menjemput uangnya ke ATM.. saat sedang menelpon, ada SMS masuk ke HP saya, sang penelpon menyatakan kalau saya menerima kode verifikasi dari Telkomsel.. dan dia mempersilahkan saya melihat kode tersebut, setelah panggilan saya "minimize kan" saya lihat di inbox memang ada SMS masuk, dan pengirimnya adalah "MyTelkomsel" setelah saya perhatikan dengan seksama, memang no tersebut dikirim bukan dikirim dari no handphone... (SMS dari MyTelkomsel tersebut saya screenshotkan),


Sampai disini, saya udah mulai yakin kalau ini tidak penipuan... sang penelpon menanyakan kode verifikasi tersebut.. setelah kode saya bacakan.. dan dia menyatakan kalau saya berhak mendapatkan hadiahnya karena no verifikasi telah dikirim ke HP saya... sang penelpon melanjutkan ada 1 hal lagi yg harus saya lakukan agar uang 5 Juta tersebut masuk ke rekening saya... beliau menanyakan apakah saya punya rekening di Bank Mandiri, karena saya tidak punya rekening di bank mandiri, saya sampaikan saya punya rekening di BRI, sang penelpon bertanya berapa jauh ATM BRI dari rumah saya, jarak ATM BRI sekitar 1,5 KM.. sang penelponpun mengatakan, saya bisa memakai ATM BRI dan menyuruh saya ke ATM tersebut sekarang juga, tapi HP jangan di matikan... berhubung saya juga udah mulai penasaran, saya berangkat ke ATM BRI UNIT BONJOL,


Sesampainya di ATM, saya dituntut utk memasukkan kartu.. dan memilih bahasa Inggris, saya sempat bertanya kenapa memakai bahasa Inggris? Sang penelpon beralasan, account-nya harus menggunakan bahasa Inggris biar uang tersebut bisa masuk ke rekening saya.. setelah memencet tombol ENGLISH, saya disuruh masukkan no PIN, setelah itu disuruh memencet tombol OTHER TRANSACTION, terus pilih menu CHECK OF BALANCE (check saldo)..


Sampai disini saya benar-benar yakin kalau ini modus penipuan.. sang penelpon bertanya berapa angka yg tertera di layar ATM.. angka yang tertera disana adalah 51.000 (karena uang saya di ATM BRI emang tinggal segitu kok.. hehehe), tapi saya bilang yang tertera di sana 2.000.000, sang penelpon memastikan lagi angka nya.. 2.000.000 pas atau lebih.. saya bilang yg tertera disana 2.051.000 (yaaa bohong deeeh.. karena penasaran), kemudian sang penelpon menuntut saya ke menu TRANSFER, dan memberikan no rekening pada saat menginput tujuan transfer yaitu 800-812-784-723-00


Saya pun tetap melanjutkan, sampai pada menu jumlah yang akan di transfer, sang penelpon menuntut saya untuk memencet kode 1904700, (nah ini dia.. hehehe, sang penelpon berasalan itu kode utk memindahkan uang ke rekening saya.. padahal saya tau kalau itu adalah jumlah yg akan transfer, karena sang penelpon tau nya uang di rekening saya 2.051.000, jadi dia menyuruh menekan 1904700, padahal angka tsb adalah 1.904.700) saya pura-pura memencet tombol.. padahal yang saya pencet adalah tombol 1.000, kemudian saat memasukan kode ref, saya disuruh menekan tombol 700000.. padahal kita tau no ref itu tidak terlalu berpengaruh (boleh dikosongkan), sampai disana muncul di layar :


TRANFER ATM HIMBARA
DATA TUJUAN TRANSFER 
BANK : MANDIRI 
N O REK : 80081278472300
NAMA : PONSEL 08124112
JUMLAH : Rp. 1.000
(Gambar terlampir)






-----------------------------------------------


Saya sebenarnya ingin mentransfer uang 1.000 kepada sang penipu.. tapi sayangnya karena saldo saya tidak cukup untuk melakukan transaksi (karena saldo minimum 50.000, yg saya transfer 1.000 di tambah lagi biaya transfer) jadi transaksi saya gagal...


Yaaa.. dengan senang hati lah saya batalkan transaksi, saya simpan ATM dan saya CERAMAHI sang penipu untuk mencari uang dengan cara yang HALAL.. hehehehe.. bla bla bla bla.. sampai penipu nya stres.. dia langsung tutup telpon saya...


Tapi sampai saat ini yang masih saya pertanyakan.. [jawaban ada di akhir]


1. Penipu menggunakan SMS dari MyTelkomsel, bukan dari no HP.. biasanya itu hanya digunakan utk perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama dengan Telkomsel untuk menawarkan produk nya, seperti Perbankan, Asuransi, dll 


2. Nama yang tertera di layar ATM saat saya akan mentransfer adalah PONSEL 08124112.. bukan nama pemilik rekening.. penipu meyakinkan saya karena 08124112 itu adalah no HP saya.. (ya benar saja itu no HP saya.. tanpa 2 digit terakhir)


3. Penipu bahkan tahu tentang informasi dari kartu Telkomsel saya, termasuk sisa pulsa, sisa paket, jumlah bonus internet, jumlah bonus SMS, dll..
-----------------------------------------------
Mungkinkah ada teman-teman FB yang bisa menjelaskan 3 point diatas??
-----------------------------------------------
Tapi bagaimanapun, penipu ini gagal mengerjai saya, tapi harus saya akui kalau modusnya cukup profesional...
Share dan bagikan pengalaman saya ini... semoga Bermanfaat..
Waspadalah... Waspadalah... waspadalah...


Sumber :





Penjelasan Tentang 3 Point Diatas


Berikut penjelasan salah satu netizen!





1. Sebenarnya itu sms konfirmasi dr aplikasi mytelkomsel bukan, biasanya diminta ketika melakukan pendaftaran di aplikasinya.


2. Nomor 2 saya tidak mengerti, biasanya untuk transfer yg bisa diubah namanya itu ketika memasukkan saldo ke akun Facebook ads. Namun biasanya bank yg digunakan bank permata bukan mandiri


3. Setelah anda memberikan kode konfirmasi tersebut, pasti dia bisa mengetahui data diatas. Perhatikan gambar..