loading...

Hati-hati, Ciuman Sembarangan Bisa Bikin Kamu Kena 6 Penyakit Ini



Berciuman memang menyenangkan, apalagi jika mencium seseorang yang kita sayangi. Itu tanda kalau kita benar-benar mencintainya. Tapi sayang, ternyata kegiatan ini bisa menyebabkan risiko penyakit menular berbahaya meningkat. Apalagi jika ciuman dilakukan kepada sembarang orang. Ini lantaran kamu tidak tahu kondisi tubuhmu dan orang yang kamu cium itu. Aktifitas yang seharusnya nikmat ini bisa menjadi media penularan penyakit, waduh. 

Kok bisa begitu, ya? Gak usah bingung. Ini lantaran adanya virus atau bakteri dalam air liur yang mungkin bisa langsung mengkontaminasi ke dirimu. Penyakit apa saja yang ditimbulkan dari aktifitas berciuman? Simak uraian Bintang.com berikut ini yang dilansir dari boldsky.com.

1. Herpes. Herpes sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus ini bisa langsung menyebar manakala ada kontak langsung antara si penderita dengan sekelilingnya. Berciuman salah satu bentuk kontak langsung itu tadi.

2. Mono. Ini salah satu tipe virus herpes yang bernama latin Infectious Mononucleosis. Cukup dipanggil mono saja. Katakanlah nama bekennya. Kalau setelah berciuman lalu kamu mengalami sakit tenggorokan, demam, gelisah, radang, mual, hingga hilang nafsu makan, berarti kamu sudah tertular virus mono. Jika virus cukup lama bertengger tanpa kamu ambil tindakan ke dokter, kamu bisa terkena hepatitis. Duh, ngerinya!

3. Flu dan Pilek. Pilek bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan virus. Kamu bisa terinfeksi flu dari tetesan liur atau dari kontak langsung dengan sekresi (cairan dan lendir) dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi yang tengah menciummu. Yaiks.

4. Hepatitis B. Penjelasannya hampir sama seperti poin 2 yakni adanya virus mono yang tak segera ditanggulangi. Sebaiknya jika muncul gejala-gejala seperti flu setelah berciuman, kamu segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

5. Kutil. Kalau kutil di luar mulut mungkin masih bisa kelihatan. Tapi kalau sudah berada di area dalam? Wih, bisa-bisa menular ke dirimu, lho.

6. Meningokokus. Diantara semua penyakit tadi, ini kemungkinan besar paling berbahaya dan jarang bisa sembuh. Kondisi ini mengancam jiwa lantaran lewat ciuman kamu berpotensi terkena meningitis, radang selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini berasal dari bakteri dan membutuhkan waktu panjang untuk penyembuhannya. Sekedar informasi, artis Olga Syahputra meninggal sebab penyakit ini.

Sumber : bintang.com

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x