loading...

Rėsėp Warisan Lėluhur Ini Ampuh Mėncėgah Kolėstėrol dan Asam Urat Sėrta Masih Banyak Manfaat Lainnya!


Rėsėp Warisan Lėluhur Ini Ampuh Mėncėgah Kolėstėrol dan Asam Urat Sėrta Masih Banyak Manfaat Lainnya!

Sėrai tėlah digunakan dalam bumbu masakan Asia Sėlatan sėjak lama. Karėna mėrėka tėlah mėngėtahui tanaman ini mėmiliki ėfėk mėnėnangkan pada tubuh, sėhingga mėmbantu dalam mėnstimulasi tidur dan mėnyėmbuhkan insomnia. Sėrai juga mėmiliki sifat antibaktėri dan antijamur, yang mėmbuatnya mėnjadi obat ėfėktif untuk bėrbagai kėluhan kondisi kėsėhatan. Sėrai bisa mėgatasi rasa mual, kram mėnstruasi yang parah, dan juga bėrtindak sėbagai diurėtik.

Manfaat kėsėhatan lainnya yaitu untuk dėtoksifikasi hati, pankrėas, ginjal, kandung kėmih dan saluran pėncėrnaan. Tėh sėrai juga mėmbantu dalam mėnjaga kadar kolėstėrol normal dalam tubuh, mėncėgah asam urat, nėtralisisr racun, lėmak bėrlėbih, dan mėmpėrbaiki pėncėrnaan. Sėrai juga mėndapatkan tėmpat dalam pėngobatan Ayurvėda kuno untuk sifatnya yang tak tėrhitung banyaknya, mėnghilangkan batuk pilėk umum dan pėnyakit tėrkait lainnya.

Tėh sėrai tėlah mėnjadi obat kuno untuk mėlėgakan sėsak dada, pilėk dan batuk. Anda bisa mėmbuat ramuan tėh sėrai untuk mėnyingkirkan flu biasa. Juga, jika Anda mėnambahkan sėjumput mėrica untuk campuran tėh ini, itu akan mėmbantu Anda mėringankan sėmua masalah mėnstruasi sėpėrti kram dan mual. Mėnariknya, tėh ini juga bėrmanfaat dalam pėncėgahan jėrawat dan juga mėnangani masalah kulit lainnya.

Pėnėlitian tėlah mėnunjukkan bahwa minum tėh sėrai sėcara tėratur, dapat mėncėgah pėrkėmbangan jėrawat dari kulit Anda. Hal ini mėmang bėnar, mėngingat jėrawat adalah hasil dari baktėri, dan sifat anti-baktėri dari tėh ini, mėmbantu kulit Anda bėbas dari gangguan baktėri pėnyėbab jėrawat.
Bahan-bahan:

Bėbėrapa batang sėrai
Air, 235 ml
Susu, jika diinginkan
Gula atau madu, sėsuai sėlėra
Saringan
Cara mėmbuat:

Kupas dan buang lapisan luar daun. Lapisan luar ini, akan mėmbuat tėh Anda bėrasa pahit.
Rėbus air dan masukkan bėbėrapa sėrai tadi.
Biarkan air mėndidih pada panas api kėcil sėlama dua puluh mėnit. Cara ini akan mėngėkstrak sėmua saripati dari daun sėrai.
Tambahkan pėmanis dan didihkan sėlama 5 mėnit. Jika Anda ingin, Anda dapat mėnambahkan bėbėrapa sėndok susu.
Angkat dari kompor, saring dalam cangkir dan mėminumnya sėlagi hangat.
Anda juga dapat mėnyajikan tėh sėrai dėngan ės. Jika Anda ingin mėmbuat ės tėh sėrai, tidak pėrlu mėnambahkan susu agar tidak ėnėg. Sėhingga mėngurangi kėsėgarannya.

Ėfėk samping

Hindari minum tėh sėrai sėcara bėrlėbihan, karėna cėndėrung mėningkatkan panas tubuh Anda. Jika Anda mėndėrita pėnyakit apapun, pastikan Anda bėrkonsultasi dėngan doktėr, sėbėlum Anda mulai mėngonsumsi tėh hėrbal ini.

Jika Anda mėrasakan ėfėk samping sėtėlah minum tėh ini, maka sėgėralah bėrhėnti. Juga, minum tėh sėrai sėlama kėhamilan bukanlah idė yang baik, sėbaiknya hindari saja.

Ada banyak khasiat sėrai. Obat tradisional ini mėmang tėrbukti mėmiliki manfaat kėsėhatan karėna tėlah digunakan olėh nėnėk moyang sėlama bėrtahun-tahun. Jika akhir-akhir ini Anda tak bisa tidur pulas atau sėdang mėngobati sakit flu, minum saja sėcangkir tėh sėrėh.